Spiga

SEO | Optimasi Kualitas Link dalam Blog

Walaupun tidak seheboh optimasi dalam blog (title, keyword, dan sebagainya), namun link mempunyai bagian tersendiri dalam menentukan peringkat pencarian oleh search engine. Semakin banyak orang yang me-link, berarti suatu blog dinilai memiliki konten yang bagus dan menarik. Hal ini pada akhirnya akan berpengaruh pada meningkatnya PageRank (PR) blog tersebut. Banyaknya link dalam suatu halaman situs disebut juga dengan istilah "Link Popularity".

Pada kasus lain, link tidak akan mampu menaikkan PR. Mengapa? Sebab walaupun banyak link yang yang merujuk ke suatu halaman blog kamu, tapi tanpa melihat kualitas dari link tersebut, sama saja dengan link kosong. Artinya jika hanya kuantitas (jumlah) link yang diutamakan oleh search engine, maka setiap situs atau blog tidak akan pandang bulu untuk me-link ke semua situs atau blog lain. Toh, dengan begitu PR dapat meningkat. Tapi kenyataan berkata lain,yakni kamu perlu memilih dan memilah situs atau blog mana yang sesuai dengan tema serta keyword blog kamu. So, bagaimana menentukan link yang berkualitas tersebut?

Berkaca dari paragrap di atas, kamu mungkin memiliki puluhan link ke blog kamu, tapi jika link tersebut tidak sesuai dengan tema dan keyword blog kamu atau tidak ada korelasi dengan blog kamu, tentunya tidak akan pernah juga berpengaruh pada kecepatan peningkatan PR blog kamu.

Illustrasi :

Tema blog adalah SEO dengan keyword tips seo, belajar seo. Yang me-Link blog kamu bertema MP3 dan video bokep.

Berikut point-point agar blog mendapatkan link yang berkualitas, sehingga mampu meningkatkan PR blog tersebut :

* Link dari suatu website atau blog seharusnya mempunyai kandungan tema dan keyword yang sesuai dengan blog kamu (ex : Tema blog-A tentang seo marketing, kemudian di-link oleh blog-B yang bertema tips seo).
* Kata dari sebuah link harus sesuai dengan keyword kamu.
* Link yang terdapat dalam suatu paragrap halaman, diikuti dengan kata yang terkait.
* Title penghubung halaman blog pun harus memiliki korelasi dengan keyword kamu.

Contoh :

Keywordnya adalah SEO dan mesin pencari

Banyak orang mendengar tentang SEO, namun tidak jarang ada yang belum mengetahui tentang apa manfaat dan <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com/tips-seo.html>tips SEO</a> tersebut. Search Engine Optimization atau yang lebih familiar disebut <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO" target="_blank">SEO</a> adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik dari <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com/daftar-mesin-pencari.html" title="mesin pencari">mesin pencari</a> menuju alamat situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja alami algoritma <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com">mesin pencari</a> tersebut. Tujuan spesifik SEO adalah <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO">klik disini</a> untuk lebih detail atau menempatkan suatu alamat situs web pada posisi teratas (atau setidaknya pada halaman pertama) hasil pencarian berdasarkan subyek tertentu.(Wikipedia.org)

Dari contoh di atas, mana penempatan link yang tepat untuk menghasilkan link yang berkualitas?

Link yang tepat :

* <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com/tips-seo.html>tips SEO</a>
* <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO" target="_blank">SEO</a>
* <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com/daftar-mesin-pencari.html" title="mesin pencari">mesin pencari</a>

Sedangkan link yang kurang tepat :

* <a href="http://optimasi-blog.blogspot.com">mesin pencari</a>
* <a href="http://id.wikipedia.org/wiki/SEO">klik disini</a>

Sekarang sudah tahu khan, cara membuat dan menganalisa link yang mempunyai kualitas meningkatkan pagerank blog kamu.

Selamat meng-optimasi Kualitas Link...

Komentar :

Ada 0 komentar ke “SEO | Optimasi Kualitas Link dalam Blog”

Post a Comment

Keluarkan uneg-unekmu sobat!! Jangan disimpan dalam hati, dan saya ucapkan terima kasih...